PKS Minta Pemerintah Dorong Sinergi BUMN Panas Bumi

AKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Framsi PKS Mulyanto, mendorong pemerintah membangun sinergi antar-pemangku kepentingan (stakeholder) terkait panas bumi agar mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang membelit sekarang ini.

Menurutnya, kerja sama ini penting agar potensi energi panas bumi yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal. Kerja sama tersebut bisa dalam bentuk mendirikan holding company BUMN panas bumi.

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun sinergi itu karena kita tengah mengejar ketertinggalan kontribusi sumber energi baru terbarukan (EBT) yang ditargetkan sebanyak 23 persen dari bauran energi nasional pada tahun 2025.

Bila dikelola secara bisnis biasa, tanpa percepatan, praktis target ini tidak akan tercapai. Karena hari ini kontribusi sumber EBT kita masih di bawah 12 persen,” kata Mulyanto melalui keterangannya, Jumat (12/3/2021).

Mulyanto mengatakan, wacana pembentukan holding panas bumi di atas sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2016, yang melibatkan PT. Pertamina, PT. PLN dan PT Geo Dipa Energy. Namun sampai hari ini wujud sinergi tersebut masih belum jelas.

Menurut Mulyanto, masalah utama dalam pengembangan listrik dari sumber energi panas bumi adalah soal harganya yang kurang kompetitif dibandingkan dengan sumber energi fosil atau tenaga surya.

Selain itu masalah yang kerap muncul adalah penolakan dari warga sekitar wilayah kerja panas bumi (WKP) terkait dengan pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di tempat mereka.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PKS Minta Pemerintah Dorong Sinergi BUMN Panas Bumi, https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/03/12/pks-minta-pemerintah-dorong-sinergi-bumn-panas-bumi.
Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *